Thursday, October 13, 2011

penghuni terakhir


Penghuni Terakhir (sering disingkat Petir) adalah sebuah program acara realitas yang ditayangkan ANTV dan diproduksi oleh Triwarsana, rumah produksi milik Helmy Yahya. Setelah berhenti berproduksi sejak tahun 2006, akhirnya Penghuni Terakhir kembali dengan musim kelimanya di tahun 2010 yang kemudian dilanjutkan dengan musim keenamnya pada tahun 2011.
Musim kali ini adalah musim dengan jumlah penghuni terbanyak selama diselenggarakannya Penghuni Terakhir dengan total jumlah 22 orang. Dimana kota Jakarta dan Yogyakarta masing-masing diwakilkan oleh 5 orang penghuni, Bandung diwakilkan oleh 6 orang penghuni, Palembang diwakilkan oleh 4 orang penghuni dan Surabaya diwakilkan oleh 2 orang penghuni.
Pemenang di musim ini adalah Ayu Nitria atau Ayu, finalis wanita asal Palembang. Posisi kedua diduduki oleh Rifkiansyah Zaki Chandra atau Ican dari Palembang dan posisi ketiga diduduki oleh Rosnita Putri Permata atau Putri dari Jakarta.
Setiap minggu akan ada permainan untuk menentukan siapa yang akan menjadi Boss, Pemegang Kunci, Asisten Rumah Tangga, dan Pemegang Kekebalan. Permainan bisa berupa apa saja yang telah diatur oleh pihak penyelenggara atau ANTV. Kemudian pada hari Jum'at malam yaitu pada malam ekstradisi, tayangan langsung akan menentukan siapa penghuni yang akan tersisih dan meninggalkan rumah tersebut.

Saat malam ekstradisi, 3 orang dengan sms terbawah (kecuali Boss dan Pemegang Kunci) akan duduk di kursi ekstradisi. Namun apabila di antara ketiga orang tersebut ada yang memiliki Kekebalan maka orang yang memiliki status kekebalan tersebut berhak untuk menggantikan dirinya dengan penghuni lain (selain Boss dan Pemegang Kunci) untuk duduk di kursi ekstradisi (bahkan yang mempunyai sms terbanyak). Kemudian, Boss mempunyai hak untuk menyelamatkan 1 orang di antara 3 calon terekstradisi, setelah itu Pemegang Kunci berhak meng-ekstradisi 1 di antara 2 orang tersisa itu.

Selain 3 peran tersebut (Pemegang Kunci, Boss, Kekebalan) ada pula penghuni yang mendapatkan predikat Asisten Rumah Tangga, dimana penghuni ini adalah penghuni yang kalah pada game pemilihan Asisten Rumah Tangga (3 penghuni dengan perolehan sms terendah pada tayangan Beranda biasanya di hari Selasa) diwajibkan untuk melakukan segala perintah yang diberikan oleh penghuni lain yang biasa berupa pekerjaan rumah tangga selama satu minggu di rumah tersebut.

Dari ribuan peserta yang diaudisi dari 5 kota (Palembang, Surabaya, Bandung, Jakarta, Yogyakarta), disaring menjadi 32 orang yang kemudian dikarantina selama 4 hari oleh pihak ANTV untuk mempelajari peraturan, tata cara, dan seminar dalam acara Penghuni Terakhir. Kemudian tanggal 18 Februari 2011 32 orang tersebut disaring lagi menjadi 22 orang yang berhak untuk di-karantinakan dan memperebutkan hadiah hunian rumah. Sistem penyaringan dari 32 orang menjadi 22 orang adalah, 15 orang dengan sms teratas (yang terbagi menjadi 3 babak, 5 orang/babak) pemirsa langsung terpilih, sisanya 7 orang melalui proses pemilihan suara oleh 100 juri votelock (penonton pilihan antv yang datang ke studio dan berasal dari berbagai profesi). Melalui proses penyaringan, didapatkan 22 peserta yang akan di karantina kedalam sebuah rumah hunian selama kurang lebih 100 hari, dimana mereka tidak diperbolehkan berhubungan dengan dunia luar dan akan saling bersaing untuk menjadi peserta terakhir (Penghuni Terakhir) rumah yang mereka tinggal untuk mendapatkan sebuah rumah hunian bernilai 1 miliar Rupiah. 10 Calon Penghuni yang terekstradisi pada masa pra-karantina adalah Meymey, Bintang, Zaidan, Maria, Oche, Alex, Boboho, Yarri, Rani, Ruli.



Ekstradisi

Proses
Ekstradisi
Final
Periode
Minggu 1
Minggu 2
Minggu 3
Minggu 4
Minggu 5
Minggu 6
Minggu 74
Minggu 8
Minggu 95
Minggu 10
Minggu 11
Minggu 126
Minggu 13
Minggu 14
Minggu 15
Minggu 167
Minggu 17
Minggu 188
Minggu 19
Final
Grand Final

Asisten Rumah Tangga
Venny
Egi
Ayu
Iid
Richard
Shandy
Gezod
Venny
Ayu
Ican
Hendra
Shandy
Ayu
Putri
Hendra
Putri
Venny
Shandy
Gezod

Posisi
Penghuni

1
Ayu





BOSS

SAVED

IMUN
KUNCI

SAVED
BOSS

BOSS
KUNCI
BOSS
PP
PENGHUNI TERAKHIR


2
Ican
SAVED




KUNCI
BOSS

IMUN

SAVED
KUNCI
SAVED

IMUN
SAVED
SAVED

EKST


3
Putri

BOSS



IMUN


SAVED
KUNCI
BOSS

IMUN

KUNCI

SAVED
SAVED
KUNCI

EKST


4
Venny
IMUN



KUNCI


IMUN

BOSS
IMUN

SAVED
KUNCI
BOSS

SAVED

SAVED
EKST



5
Gezod






IMUN
BOSS






SAVED


BOSS
EKST



6
Shandy

KUNCI
BOSS

IMUN
SAVED

KUNCI


SAVED


SAVED
IMUN
KUNCI
EKST



7
Hendra
BOSS


BOSS




BOSS
SAVED

BOSS

SAVED

EKST



8
Kiki


SAVED

BOSS

KUNCI

SAVED




IMUN
EKST



9
Iid

SAVED
SAVED
KUNCI
SAVED

EKST

AMN

EKST



10
Richard





SAVED
SAVED

KUNCI
EKST

AMN
EKST



11
Egi

IMUN







SAVED
EKST



12
Panca



SAVED
SAVED

SAVED
SAVED
EKST



13
Amel


IMUN




EKST



14
Boy



IMUN

EKST



15
Lazu
KUNCI


SAVED
EKST



16-17
Astri


KUNCI
EKST



Yuni



EKST3



18-19
Adel
SAVED
SAVED
EKST



Shinta


EKST2



20-21
Mitha

EKST



Dinda

EKST1



22
Mufit
EKST




























aturan sebelum menginjak 6 besar

No
Permainan
Peserta
Keterangan
1
Boss
3 penghuni yang memiliki SMS tertinggi (kecuali Boss pada minggu sebelumnya)
  • Peserta akan bermain dalam 2 babak.
  • Penilaian permainan umumnya ditentukan oleh:
    Waktu: waktu tersingkat
    Pengukuran: tidak tentu
  • Pemenang permainan akan menjabat sebagai Boss selama seminggu. Boss berhak memimpin dan mengatur rumah. Biasanya, penghuni yang melanggar peraturan Boss akan mendapatkan hukuman dari Boss. Boss juga berhak menyelamatkan satu dari tiga penghuni yang berada dalam Zona Ekstradisi. Selain itu, Boss juga menempati kamar sendiri yang lebih luas dan nyaman serta mendapatkan fasilitas lebih pada Malam Ekstradisi.
2
Asisten Rumah Tangga (ART)
3 penghuni yang memiliki SMS terendah (kecuali ART pada minggu sebelumnya)
  • Mulai diberlakukan sejak musim kelima (sebelumnya dikenal dengan istilah Jongos).
  • Peserta akan bermain dalam 2 babak.
  • Penilaian permainan umumnya ditentukan oleh:
    Waktu: waktu terlama
    Pengukuran: tidak tentu
  • Peserta yang kalah akan menjabat sebagai ART selama seminggu. ART berkewajiban menjalankan seluruh pekerjaan rumah tangga, seperti mencuci, memasak, menyapu, dsb. Bahkan, beberapa Boss memberikan kebijakan yakni tidak boleh ada satupun penghuni yang boleh membantu pekerjaan ART. Selain itu, ART juga menempati kamar sendiri yang sangat sempit dan tidak ber-AC serta harus memakai kostum ART setiap harinya.
3
Pemegang Kunci
Seluruh Penghuni (kecuali Pemegang Kunci pada minggu sebelumnya dan Boss pada minggu tersebut)
  • Peserta akan bermain dalam 2 babak. Pada babak pertama, peserta terbagi menjadi dua kelompok, yakni kelompok pria dan wanita. Penghuni pria dan wanita yang lolos dari babak pertama, akan bersaing di babak kedua untuk menjadi pemenang.
  • Penilaian permainan umumnya ditentukan oleh:
    Waktu: waktu tersingkat
    Pengukuran: tidak tentu
  • Pemenang permainan akan menjabat sebagai Pemegang Kunci. Jabatan ini dianggap sangat sakral pada Malam Ekstradisi karena Pemegang Kunci nantinya akan mengekstradisi salah satu penghuni dengan cara mencabut kuncinya. Pemegang Kunci biasanya akan sangat sulit membuat keputusan untuk mengekstradisi siapa, karena harus bisa memilih, siapa yang lawan dan siapa yang nantinya jadi kawan. Selain itu, Pemegang Kunci akan dikalungi sebuah kunci untuk menandakan bahwa ia memegang jabatan ini.
4
Imun (Kekebalan)
3 penghuni yang memiliki SMS terendah (kecuali pemegang gelar Imun pada minggu sebelumnya)
  • Mulai diberlakukan sejak musim kelima.
  • Peserta akan bermain dalam 2 babak. Umumnya, permainan ini jauh lebih sulit dan menantang daripada permainan lainnya karena menguji kekebalan peserta.
  • Penilaian permainan umumnya ditentukan oleh:
    Waktu: waktu tersingkat
    Pengukuran: tidak tentu
  • Pemenang permainan akan menjabat sebagai pemegang gelar Imun (Kekebalan). Gelar ini membuat pemegang gelar dipastikan selamat dari Ekstradisi. Bahkan, jika nantinya pada Malam Ekstradisi ia berada di Zona Ekstradisi, ia berhak memilih 3 kandidat penghuni untuk menggantikan posisinya di Zona Ekstradisi. Biasanya, kandidat yang dipilih adalah penghuni yang tidak disukai atau yang dianggap kuat.
5
Kelompok (Hadiah/Hukuman)
Seluruh penghuni
  • Peserta akan terbagi menjadi 2 kelompok, yakni kelompok Merah dan kelompok Biru.
  • Permainan ini sangat mengandalkan kekompakkan dan kebersamaan kelompok.
  • Kelompok yang memenangkan permainan akan mendapatkan hadiah atau privilege yang tidak pernah mereka rasakan selama dikarantina di rumah Petir. Mereka akan mendapatkan fasilitas lebih selama satu hari. Sedangkan kelompok yang kalah harus rela melayani kelompok yang menang.
6
Logistik
Seluruh penghuni
  • Seluruh penghuni akan bermain dalam sebuah permainan dengan hadiah berupa bahan-bahan logistik rumah tangga, seperti sembako, alat mandi, bumbu dapur, dll. untuk kebutuhan penghuni selama satu minggu kedepan.
  • Permainan ini tidak tetap waktu pelaksanaannya dan hanya diadakan pada waktu-waktu tertentu saja, karena pada umumnya, kebutuhan logistik sudah disediakan walaupun dalam jumlah yang terbatas.
7
Ekstradisi
3 penghuni yang memiliki SMS terendah
  • Boss berhak menyelamatkan satu dari tiga penghuni yang masuk ke dalam Zona Ekstradisi (3 SMS Terendah).
  • Pemegang Kunci akan mengekstradisi (mengeluarkan) satu dari dua penghuni tersisa dengan cara mencabut kuncinya, sedangkan satu penghuni lainnya akan selamat.
  • Pada saat tertentu (mulai musim keenam), ketika penghuni yang berada di kursi ekstradisi berjumlah 4 orang, maka Boss akan menyelamatkan salah satu penghuni terlebih dahulu. Kemudian salah seorang penghuni akan terekstradisi melalui voting para penghuni lainnya (kecuali Pemegang Kunci dan 3 penghuni yang berada di kursi ekstradisi). Setelah itu, Pemegang Kunci akan mengekstradisi satu dari dua penghuni tersisa.
  • Sejak musim kelima, jika penghuni yang masuk ke dalam Zona Ekstradisi memiliki gelar Imun (Kekebalan), maka dia berhak memilih tiga kandidat dari seluruh penghuni (kecuali Boss dan Pemegang Kunci) untuk menggantikan posisinya di Zona Ekstradisi. Dari tiga kandidat tersebut, penghuni dengan SMS terendah akan terlempar ke Zona Ekstradisi.




























































No comments:

Post a Comment